Cara Pintar Memilih Ponsel Baru

Tips memilih ponsel baru
Mencari ponsel yang terbaik itu seperti mencari jarum di tumpukan jerami

Mana ponsel yang harus saya beli? Ini adalah pertanyaan yang paling umum saat akan membeli ponsel atau smartphone baru.

Dengan banyaknya pilihan smartphone yang luar biasa seperti Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6  akan sulit bagi kita untuk menentukan ponsel mana yang harus di beli. Tapi  itu juga tergantung pada berapa kisaran budget yang akan sobat keluarkan dan smartphone mana yang tersedia di daerah tempat tinggal sobat.

Di sisi lain, menentukan pilihan adalah hal yang baik, asalkan sobat di persenjatai dengan pengetahuan yang diperlukan untuk memilih smartphone mana yang harus sobat beli.

Di bawah ini kunci penting yang harus di lakukan untuk menemukan perangkat baru yang terbaik untuk sobat.

Tiga Kunci Penting Memilih Ponsel atau Smartphone Baru


1. Jangan Pelit

kemungkinan besar bahwa saat sobat berkomitmen untuk membeli telepon baru, pasti sobat akan memilih ponsel dengan harga yang murah tapi dengan kualitas yang bagus karna saya juga melakukan hal yang sama saat membeli smartphone baru. 

Oleh karena itu, belilah perangkat terbaik yang sobat mampu. Jangan lupakan kualitas ponsel yang akan sobat pilih.

Lihat kualitas kamera, prosesor dan kapasitas Baterai karena jika sobat seorang gamers maka sobat akan membutuhkan kapasitas baterai dan prosesor yang tinggi.

Banyak manfaat yang akan sobat dapat jika membeli ponsel high-end, seperti iPhone 6 atau LG G4 , karena nilai jual kembali cenderung stabil. Sehingga membeli smartphone seperti ini akan jadi investasi untuk sobat juga.

2. Tahu Fitur Ponsel Yang Sobat Inginkan

Jika sobat memahami fitur dan kemampuan ponsel baru yang akan sobat beli, itu akan membantu sobat menghindari membayar terlalu mahal, karena sobat bisa membandingkan dengan ponsel merek lain yang lebih murah tapi mempunyai fitur yang sama. 

Jika bisa membeli smartphone dengan harga murah tapi fiturnya sama kenapa harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli smartphone yang lebih mahal.

3. Cari Desain Yang Tepat

Membeli ponsel juga harus memperhatikan bentuk fisik yang tepat di tangan sobat karena sobat akan menghabiskan banyak waktu bersama ponsel sobat. 

Pastikan ponsel terasa nyaman saat di genggam  dan pastikan bahwa ponsel sobat mencerminkan pribadi dan gaya sobat. 

Jenis Ponsel

Smartphone
Ponsel yang populer pada saat ini adalah smartphone. Perangkat ini biasanya memiliki kekuatan yang paling powerfull, prosesor tercepat, resolusi gambar yang tinggi dan kapasitas memori dan layar yang paling jernih.

Smartphone tersebut dibekali dengan berbagai macam sistem operasi seperti, iOS, Android , Windows Phone dan bahkan BlackBerry OS.

Mereka juga mendukung aplikasi download melalui etalase virtual yang terikat dengan platform perangkat lunak yang terkait, seperti toko Google Play.

Karena kemampuan yang dimiliki smartphone menjadi ponsel yang paling mahal di pasaran.
Kegunaan atau fungsi
Setelah melihat spesifikasi yang dimiliki, sekarang kita beralih pada tujuan mengapa kita membeli smartphone tersebut? Jika sobat hanya ingin menggunakan smartphone tersebut untuk urusan telefone dan sms, maka sobat bisa memilih smartphone yang biasa-biasa saja tanpa memperdulikan spesifikasi yang dimiliki ponsel tersebut.

Lain halnya jika sobat membutuhkan perangkat tersebut untuk urusan gaming dan social media, sobat wajib memperhatikan prosesor dan RAM yang dimiliki.

Butuh penjelasan yang lebih spesifik? Baca terus artikel ini.

Jika sobat membutuhkan perangkat yang bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multitasking) dengan mulus, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapasitas RAM lalu prosesor (minimal dual-core) dengan clockspeed setidaknya 1.2 GHz.

Namun jika sekiranya sobat tidak terlalu sering melakukan multitasking maka prioritas utama bisa dialihakan pada prosesor, dan RAM. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan sobat yang lain jika itu tidak tercantum disini.

Pertimbangan Poin Kunci

Ukuran layar
Layar Besar (5.5 inci atau lebih besar)

Smartphone dengan layar yang semakin besar akan memudahkan kita untuk multitasking atau untuk bermain game.

Saat ini sudah banyak sekali vendor smartphone yang beralih ke phablet (handphone tablet) dengan layar 5,5 inci atau di atasnya. Sobat bisa menemukanya di perangkat high end seperti google nexus 6,asus zenfone 6 dan perangkat high end lainya

Layar Menengah (5.0 - 5.5 inci)

Ponsel dalam kategori layar menegah seperti keluarga Samsung Galaxy S6 di 5.1inci, atau LG Volt 2 di 5 inci akan memudahkan penggunanya untuk membawa ponsel tersebut.
Salah satu manfaat ponsel dengan layar di ukuran ini adalah pemilik ponsel bisa pegangan dengan satu tangan sementara jari mereka bisa dengan nyaman mencapai semua bagian dari layar.

Layar Kecil (4 - 4.9 inci)

layar smartphone di ukuran ini biasanya digunakan pada perangkat low end seperti asus zenfone 4 yang saya miliki.

Tetapi meskipun ponsel ini masuk kategori low end fitur yang dimiliki menurut saya sudah cukup memuaskan untuk gaming dan multitasking.
Processor
Jantung sebuah smartphone merek apapun adalah prosesor, atau CPU. prosesor ini akan memberikan kekuatan komputasi untuk melakukan  berbagai tugas, seperti membuka dan menjalankan aplikasi.

Sebuah prosesor yang cepat juga memiliki dampak besar pada kinerja secara keseluruhan, seperti bagaimana kelancaran saat di pakai bermain game atau membuka sosial media.

Secara umum, clock speed, yang tercantum dalam gigahertz, telah menjadi cara cepat untuk menilai daya CPU. Tapi untuk lebih detailnya kita bisa melihat berapa banyak core CPU yang  dimiliki.

Faktor lain adalah bahwa prosesor yang lebih tua cenderung menggunakan desain yang kurang efisien, yang akan membuat boros pada baterai dibandingkan dengan desain prosesor yang lebih baru.
Kamera
Kualitas kamera ponsel tergantung pada seluruh host variabel. Megapixels yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Tetapi beberapa kamera ponsel 13 megapixel bisa menghasilkan foto yang lebih baik dibandingkan dengan kamera ponsel 20-megapixel.

Dan yang sangat penting adalah kualitas lensa, yang bisa membantu sensor mengekspos lebih banyak cahaya.Sensor itu sendiri mungkin menawarkan jumlah yang lebih rendah dari pixel, tetapi lebih sensitif terhadap pencahayaan, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah.

Banyak ponsel - seperti dari HTC dan Microsoft (sebelumnya Nokia) yang dilengkapi dengan kamera berkualitas mewah yang menjanjikan kualitas gambar yang tinggi, ditambah dengan prosesor untuk mendorong sistem kamera dan autofocus lebih cepat. Hasil akhirnya adalah gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih jernih.

Optical image stabilization juga menjadi semakin penting untuk ponsel. Seperti yang ada di samsung Galaxy Note 4 dan iPhone 6 Ditambah dengan komponen fisik yang ada di dalamnya akan menghasilkan foto yang lebih jelas.

Dengan munculnya berbagi jejaring sosial, kamera depan juga menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Selain melihat kamera utama dengan resolusi yang tinggi, vendor juga berkonsentrasi pada kamera depan yang didedikasikan untuk selfie.
Baterai
Produsen mulai menyadari pentingnya kapasitas baterai yang dimiliki sebuah ponsel. Mulai dari kpasitas yang rendah1,700mAh sampai ke 3,500mAh.

Kinerja baterai akan mempengaruhi dalam hal waktu bicara, waktu siaga, atau berapa jam sobat dapat melakukan tugas-tugas seperti melihat video,bermain game dan mendengarkan musik.

Ulasan Fitur Yang Lebih Dalam


Ingin tahu lebih banyak tentang beberapa fitur yang disebutkan di atas? Baca terus untuk analisis lebih dalam.
Jaringan mobile dan data 4G
Teknologi jaringan nirkabel menjadi tulang punggung sebuah smartphone. Saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana jaringan seluler dibangun dan bekerja.Berikut adalah gambaran dasar yang sobat perlu tahu.

CDMA

CDMA adalah singkatan dari code division multiple access, yang artinya adalah metode jaringan selular untuk mengirim dan menerima suara dan data. 

Standar ini kebanyakan ditemukan di Amerika dan beberapa negara Asia seperti Jepang dan Korea. Misalnya, operator besar AS yang menggunakan jaringan nirkabel berbasis CDMA.

GSM

GSM, alias Global System for Mobile Communications, pertama disebut dalam bahasa Prancis sebagai Groupe Special Mobile, adalah standar yang dibuat untuk digunakan di Eropa. 

GSM kemudian menyebar ke penjuru dunia lainnya, dengan jaringan GSM operator yang beroperasi di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. jaringan inilah yang paling luas cakupanya. 

Kedua teknologi jaringan tersebut tidak kompatibel, sehingga ponsel yang menggunakan jaringan CDMA tidak akan bekerja di daerah yang hanya ada layanan GSM saja, dan begitu juga sebaliknya.

HSPA+

HSPA singkatan dari high Speed ​​Packet Access, yang menduduki pada kecepatan 3G. HSPA + mendukung kecepatan download hingga 168Mbps. 

Hal ini mungkin terdengar cukup cepat, tetapi dalam prakteknya protokol memberikan kecepatan data yang hanya sedikit lebih cepat dari 3G, dan kecepatan download rata-rata sekitar 3 sampai 5Mbps. 

Hal ini menyebabkan kita untuk berpikir apakah kita akan memilih ponsel dengan fitur HSPA ataukah tetap pada pilihan 3G.


4G Dan LTE

LTE, atau Long Term Evolution, adalah generasi "baru" dari konektivitas data yang lebih cepat untuk teknologi GSM dan CDMA. Sering disebut sebagai 4G atau LTE 4G, itu adalah data tercepat yang bisa sobat dapatkan sekarang. 
Teknologi layar
LCD

Layar LCD, singkatan dari liquid crystal display, teknologi layar ini sudah di gunakan dari dulu di tahun 1980-an pada jam tangan digital. Layar LCD smartphone saat ini menawarkan resolusi HD hingga 2,560x1,440 piksel. 

LCD menggunakan kristal cair yang memutar menutup dan menghalangi cahaya dari LED yang ditempatkan di belakang layarnya. 

LCD menggunakan backlight dari cahaya luar untuk penerangan, yang terjadi pada sudut pandang yang lebih dangkal dan kontras yang lebih rendah dibandingkan dengan tampilan layar AMOLED. Di sisi lain, warna yang muncul lebih alami.

Retina Display

Retina Display adalah nama merek yang digunakan oleh Apple untuk layar smartphone nya yang memiliki kerapatan piksel sekitar 326 PPI. Istilah ini sangat khusus dan digunakan untuk beberapa produk Apple.

Retina Display hadir dengan teknologi canggih untuk menciptakan kepadatan piksel yang sangat tinggi sehingga terlihat jernih sempurna dari teknologi sebelumnya.

Layar Retinanya tidak berada di balik lapisan kaca, tetapi kaca tersebutlah layar Retina. Yang artinya, semua keunggulan layar canggih, kontras tinggi, warna-warna cemerlang, sudut pandang lebar dan tentunya tanpa silau.

Apple menggunakan layar Retina di iPhone terbarunya. Ini pada dasarnya adalah sebuah pemasaran yang cerdik untuk mengatakan iPhone mempunyai layar retina dengan resolusi minimal 326 pixel per inci (ppi).

AMOLED

AMOLED ditakdirkan sebagai teknologi layar untuk menggantikan LCD, Active Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED) menggunakan bahan kimia organik sebagai bahan yang menghasilkan cahaya. 

Sama seperti neon lampu dan plasma layar HDTV, display AMOLED menggunakan OLED untuk menciptakan cahaya ketika mereka terkena arus listrik. Karena mereka tidak bergantung pada lampu latar untuk penerangan, layar AMOLED cenderung memiliki kontras yang lebih tinggi dan warna yang lebih hidup daripada LCD.

Samsung berada di urutan paling depan yang menggunakan layar AMOLED pada produknya.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon

Qualcomm snapdragon Saat ini adalah raja CPU smartphone. prosesor ini muncul di banyak ponsel Android dan Windows di seluruh dunia.

Saat ini, Snapdragon 810 adalah chip yang terbaru untuk mengatasi seluruh tugas yang di lakukan oleh smartphone.

Apple A8

Apple A8 adalah prosesor terbaru dari Apple yang digunakan di iPhone 6 dan 6 plus dengan 64-bit prosesor ponsel. Apple mengklaim sistem ini 25 persen lebih cepat dari pada A7. Untuk perincian lainya hanya pihak apple yang tahu.

Samsung Exynos

Samsung membuat prosesor sendiri dengan merek Exynos. Baru-baru ini diumunkan chip Exynos dan Exynos 7 Octa, menjanjikan komputasi 64-bit, dan pasti akan muncul dalam beberapa variasi global ponsel samsung, seperti masa depan Galaxy S6 dan Galaxy Note 5.

Samsung dengan model lain kemungkinan akan terus menggunakan chipset Qualcomm.

Mediatek

MediaTek adalah saingan Qualcomm yaitu chip yabg biasanya ditemukan di smartphone untuk Asia dan pasar negara berkembang.
Fitur Ponsel Mutakhir
NFC

NFC Singkatan dari "near-field communication" ada hampir di semua smartphone saat ini. NFC memungkinkan untuk pertukaran cepat data antar perangkat jarak pendek, hanya dengan menekan fitur NFC secara bersamaan. 

Ini sangat penting dalam sistem pembayaran seperti Google Wallet dan Apple pay, dan dapat digunakan untuk mentransfer informasi dari perangkat ke perangkat lainnya, seperti foto.

Pemindaian Sidik Jari

Apel dipopulerkan dengan fitur pemindaian sidik jari untuk membuka telepon. Tetapi sekarang banyak produsen ponsel yang juga menggunakan fitur tersebut tetapi fitur tersebut tidak selalu bekerja pada scan pertama.

Apple yang pertama mengintegrasikan pemindaian sidik jari dengan otentikasi pembayaran, yang merupakan bagian dari fitur yang dikenal sebagai Sentuh ID. 

Pada iPhone 6 dan di atasnya, Apple pay juga akan menggunakan scan sidik jari untuk pembayaran dunia nyata.Ini bisa digunakan ke ponsel lain juga, melalui layanan pembayaran Google, dan melalui Samsung pay , yang akan dimulai di AS dan Korea Selatan.

Monitor Jantung

Samsung Galaxy S5 adalah smartphone pertama yang membawa monitor denyut jantung LED, dan itu hadir dalam ponsel Samsung lainnya seperti Note 4 series, Galaxy Alpha dan Galaxy keluarga S6, serta di smartwatches Samsung.

Monitor jantung ini diharapkan di tanam di Produk pakaian seperti smartwatches dan brand kebugaran.

Itulah tips pintar untuk mencari ponsel baru, semoga tips tersebut dapat sobat gunakan untuk mencari smartphone yang sobat inginkan.

0 komentar

Post a Comment

Kami tidak akan publikasikan komentar SPAM. Berkomentarlah dengan bijak, Jangan sia-siakan waktu anda untuk melakukan spam disini.