Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Dengan Sangat Mudah

Beberapa hari yang lalu saya pernah membuat postingan tentang cara menghemat baterai android.

Nah, karena masih banyak sekali yang mengeluh tentang masalah baterai yang cepat sekali terkuras habis maka saya akan mencoba memecahkan masalah baterai tersebut.

Jika sobat merasa bahwa kinerja baterai android sobat mengalami penurunan drastis padahal sudah mencoba cara menghemat baterai android tersebut, berarti sudah saatnya sobat berfikir untuk kalibrasi baterai android sobat.

Jadi di postingan kali ini saya akan menjelaskan apa yang di maksud kalibrasi baterai android?

Bagaimana cara mengetahui apakah baterai android sobat perlu di kalibrasi atau tidak?

Dan bagaimana cara melakukannya?

Pengertian Kalibrasi Baterai Android


Sebelum kita menginjak ke cara kalibrasi baterai android, ada baiknya sobat mengerti apa sebenarnya yang di maksud dengan mengkalibrasi baterai android?

Nah, Penjelasan singkatnya seperti ini....

Sistem operasi Android memiliki fitur yang disebut Baterai Statistik, yang melacak kapasitas baterai, ketika penuh atau kosong.

Fitur ini memungkinkan OS untuk melacak tingkat persentase baterai saat ini pada android sobat.

Masalahnya adalah terkadang fitur baterai statistik tersebut rusak dan mulai menampilkan data yang tidak nyata.

Sobat mungkin beratanya-tanya, bagaimana hal itu bisa membuat baterai cepat habis?

Ini masalahnya....

Jika fitur baterai statistik itu rusak atau terganggu maka deteksi persentase baterai akan tidak akurat.

Hal itu dapat menyebabkan android sobat akan otomatis dimatikan sebelum baterai mencapai 0 persen.

Kalibrasi baterai Android yang akan kita lakukan adalah untuk memperbaiki informasi statistik baterai yang salah tersebut.

Sehingga tingkat persentase baterai menampilkan keakuratan dari nilai persentase baterai yang sebenarnya.

Identifikasi Baterai Android


Sebelum sobat memutuskan untuk melakukan kalibrasi pada baterai android sobat, periksa terlebih dahulu kesehatan baterai sobat.

Bukan cuma tubuh kita yang harus sehat tetapi baterai android kita juga harus sehat agar kinerja baterai android kita bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk memeriksa kesehatan baterai, lepas baterai android sobat dan periksa apakah baterai menggelembung, retak, atau ada kebocoran?

Jika tidak ada masalah pada baterai, maka sudah saatnya baterai android sobat di kalibrasi.

Tetapi jika masalah ada pada baterai maka saya menyarankan untuk mengganti baterai android sobat.

Karena meskipun di kalibrasi berapa kalipun hasilnya akan tetap sama, baterai di android sobat akan cepat habis.

Ada satu hal lagi yang harus sobat perhatikan.!!

Jika sobat baru saja memperbarui firmware, misalnya dari kitkat ke lolipop, maka wajar saja jika baterai cepat habis.

Karena firmware baru yang lebih tinggi akan membutuhkan daya yang tinggi pula.

Cara Kalibrasi Baterai Android


Ada 2 cara yang tepat untuk mengkalibrasi baterai android.

Pertama dengan cara manual alias tanpa Root yang tentunya agak ribet di lakukan.

Dan yang ke dua dengan memakai aplikasi baterai calibration yang ada di playstore, harus dengan Root.

Ok, kita bahas cara yang pertama dulu.

Cara kalibrasi baterai android secara manual atau tanpa Root.

Ikuti langkah-langkahnya ya...

  • Charge android sobat sampai penuh (100%) dalam keadaan menyala.
  • Setelah penuh, matikan android sobat.
  • Dalam keadaan mati, charge lagi android sobat hingga penuh. Perhatikan indikator pengisian baterai. Jika android sobat di lengkapi dengan lampu LED maka jika baterai penuh warnanya akan menjadi hijau.
  • Setelah penuh, nyalakan lagi android sobat, dan charge kembali hingga 100%.
  • Sekarang gunakan android sobat untuk browsing atau main game sampai android sobat mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Nah untuk tahap akhir, charge lagi android sobat dalam keadaan mati hingga penuh lagi. Jangan di otak-atik dulu sebelum benar-benar penuh.
  • Setelah penuh, baru deh bisa sobat nyalakan dan gunakan dengan normal lagi.

Sampai di sini baterai android sobat sudah terkalibrasi.

Perlu diingat bahwa tidak dianjurkan untuk melakukan proses ini berulang-ulang kali. Karena justru akan memperpendek umur baterai.

Coba sobat bayangkan, saat melakukan kalibrasi kita di haruskan untuk charge berulang-ulang kali dalam satu waktu.

Dan bagian terburuknya adalah, kita di haruskan untuk menggunakan android kita hingga mati dengan sendirinya karena kehabisan baterai. Padahal kita tahu hal itu akan berdampak negatif pada daya tahan baterai.

Oleh karena itu, Lakukan proses ini paling tidak setiap tiga bulan sekali. Atau memang jika benar-benar di perlukan saja.

Sekarang kita masuk ke cara yang ke dua yang harus menggunakan akses Root.

Cara yang paling mudah dan sederhana untuk kalibrasi baterai android.

Jika android sobat sudah di root maka cara kalibrasi baterai android akan jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan perangkat yang belum di root.

Jika sobat belum tau cara root android dengan mudah,sobat bisa pelajari caranya disini.

Ada aplikasi sederhana di playstore yang bisa memudahkan sobat untuk melakukan kalibrasi baterai android.

Battery Calibration adalah aplikasi sederhana yang saya maksud.


Kenapa saya memilih aplikasi ini?

Coba sobat lihat ulasan para pengguna di bawah ini:

Cara kalibrasi baterai android

Banyak pengguna yang sudah merasa puas dengan aplikasi ini, begitupun saya.

Aplikasi battery calibration ini sangat mudah digunakan dan tidak banyak memakan memory internal android, jadi tidak akan memperlambat kinerja android sobat.

Untuk melakukan kalibrasi baterai android dengan aplikasi ini, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Download aplikasinya, lalu buka.
  • Sebelum sobat memulai untuk kalibrasi, di rekomendasikan untuk mengisi baterai sampai 100 persen dan ingat android sobat harus sudah di root.
  • Setelah baterai terisi penuh, klik pada 'Calibrate'.
  • Sekarang cabut ponsel dari charger.
  • Setelah itu, pakai android sobat dengan normal sampai baterai habis.
  • Lalu charge lagi baterai android sobat hingga penuh 100 persen. Jangan di otak-atik dulu ya biarkan hingga baterai benar-benar full.

Sampai di sini sobat sudah sukses melakukan kalibrasi baterai android dengan aplikasi battery calibration.


Sebenarnya masih ada satu cara lagi mengkalibrasi baterai android, tetapi cara ini dilakukan hanya saat cara kedua tersebut tidak berhasil.

  • Caranya yaitu dengan masuk ke mode recovery pada Android sobat lalu pilih advanced section.
  • Disitu kita akan menemukan opsi "hapus statistik baterai".
  • Klik opsi tersebut lalu Reboot.

Tenang saja.....Menghapus statistik baterai di mode recovery tidak akan membuat android sobat rusak.

Justru statistik baterai akan diperbarui ulang setelah android reboot.
Itu adalah cara cadangan yang bisa di gunakan jika cara kedua tersebut tidak berhasil.

Tetapi saya yakin jika sobat mengikuti semua panduan ini, saya jamin pasti sobat akan sukses melakukan kalibrasi baterai android sobat.

Apakah sobat sudah pernah mencoba salah satu cara kalibrasi baterai android ini?

Apakah sobat tahu cara lain untuk memperbaiki masalah baterai?

Kasih tahu saya di kotak komentar.

7 komentar:

  1. gan mau nanya dong
    batreku kalo di cas cepet banget 100% tp nanti kalo dicabut casnya pasti langsung ke angka awal (misal cas dari 40%)
    gmn mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikalibrasi dulu, mungkin cuma pembacaannya yang gak bener

      Delete
    2. Tolong solusinya gan samsung note 5 saya tiba2 nggak bisa di charger trus fast chargernya juga bggak berfungsi..klu saya colok ke port usbx kadang betreix berkedip2 maksudx mengisi tidak mengisa tidak seterusnya bgtu gan..makasih

      Delete
  2. ohya ane mao tanya,
    "Setelah itu, pakai android sobat dengan normal sampai baterai habis."
    habisnya itu sampe mati atau sampe ada notif lowbat dari sistem android?
    dan setelah itu,
    "Lalu charge lagi baterai android sobat hingga penuh 100 persen. Jangan di otak-atik dulu ya biarkan hingga baterai benar-benar full." ada yang perlu di matiin ga dari aplikasinya?

    ReplyDelete
  3. Sampai android mati. Gak ada yang perlu dimatikan biarin aja

    ReplyDelete

Kami tidak akan publikasikan komentar SPAM. Berkomentarlah dengan bijak, Jangan sia-siakan waktu anda untuk melakukan spam disini.