BERHASIL! Begini Cara merubah jaringan 3g menjadi 4G LTE di Android

Perkembangan jaringan internet di indonesia itu sangat pesat ya?

Perasaan baru kemarin ada jaringan 3G/HSPA. Eh... Sekarang sudah ada jaringan 4G LTE. Jangan-jangan sebentar lagi muncul jaringan 5G?

Ah sudahlah jangan difikirin, sekarang nikmati saja jaringan yang sudah ada.

Banyak orang bilang jaringan 4G LTE itu 2x lebih cepat daripada jaringan 3G. Yap, mereka nggak salah kalau bilang seperti itu. Saya sudah merasakan sendiri kecepatan dari jaringan 4G LTE.

Memang langsung wusshh... Kalau dipakai untuk internetan.

Itulah mengapa banyak orang yang ingin mengubah jaringan 3G/H menjadi 4G LTE.

Memang kalau mengikuti kemajuan jaringan internet itu nggak akan ada habisnya. Sekarang buat ini, besok buat yang lebih lagi.

Tapi kalau nggak mengikuti ya kita ketinggalan.

Coba kalau ada lomba browsing di internet, Siapa yang paling cepat mendapatkan informasi, dia yang menang.

Pasti yang browsing pakai jaringan 3G akan kalah dengan yang browsing pakai jaringan 4G karena kecepatan jaringan 3G masih dibawah jaringan 4G.

Berarti,  mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan untuk bisa selalu berkompetisi dengan orang lain.

Maka dari itu, saya membuat artikel ini untuk menunjukkan bagaimana cara merubah jaringan yang awalnya 3G/HSPA menjadi 4G LTE only.

Mari kita mulai.

Cara Mengubah Jaringan 3G/HSPA Menjadi 4G LTE


Merubah jaringan 3G menjadi 4G

Sebelum berfikir untuk merubah jaringan 3G/H+ menjadi 4G, sobat harus tahu dulu kalau merubah jaringan itu tidak semudah yang sobat fikirkan.

Ada beberapa syarat yang harus sobat penuhi untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G.

Apa saja syaratnya?

Simak dibawah ini:

1. HP Harus Support 4G

Ini syarat utamanya. Sobat tidak akan bisa merubah jaringan 3G menjadi 4G kalau HPnya masih belum support jaringan 4G.

Kebanyakan HP keluaran tahun lalu memang masih banyak yang pakai jaringan 3G. Kalaupun ada yang pakai 4G, itu harganya mahal.

Berbeda dengan sekarang. Hampir semua HP android sudah mendukung jaringan 4G. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan HP 4Gpun terbilang cukup murah.

Jadi, nggak susah kalau mau upgrade ke HP 4G. Tinggal beli saja yang harganya terjangkau untuk kantong sobat.

Wah... Saya gak punya uang nih, gimana?

Bisa gak kita upgrade sendiri HP yang masih pakai 3G tanpa harus beli HP 4G baru?

Ya... Tidak bisa. Ini yang harus dirubah hardware-nya bukan software-nya. Jadi, mau tidak mau sobat harus beli HP 4G kalau ingin merubah jaringan 3G menjadi 4G LTE.

"OK, tidak masalah. Saya bisa usahakan untuk beli HP 4G LTE".

Kalau sobat berfikir seperti itu, berarti tinggal penuhi syarat yang kedua.
2. Gunakan uSIM 4G

Untuk merubah jaringan 3G menjadi 4G, tidak cukup hanya dengan berganti HP saja. Kartu SIMnya juga harus diganti dengan yang 4G.

Kalau kartu sobat masih 3G, segera ganti dengan kartu 4G.

Tenang saja...

... Sobat gak perlu beli kartu perdana baru untuk beralih ke 4G. Tukarkan saja kartu SIM lama sobat ke gerai provider yang sobat pakai.

Misalnya kalau pakai Im3 ya nukarinnya ke galeri indosat. Kalau pakai Simpati ya tukar ke graPARI telkomsel.

Penukaran kartu SIM 3G ke 4G gratis kok, tidak dipungut biaya sedikitpun.

Saya tahu gratis karena saya kemarin baru saja nukarin kartu Im3 yang masih 3G agar menjadi 4G ke galeri indosat.

Kalau untuk telkomsel, 3, atau provider lainnya saya kurang tahu dipungut biaya atau tidak saat nukarin kartu SIM ke 4G. Coba saja tanyakan langsung ke gerai provider yang sobat pakai.

Tapi sebelum sobat menukarkan kartu SIM lama dengan yang 4G, salin dulu semua kontak yang ada di kartu SIM ke HP karena kontak di SIM lama tidak akan berpindah secara otomatis ke SIM baru.

3. Analisa Jaringan 4G di Daerah Sobat

Ganti HP dengan yang 4G sudah. Ganti kartu SIM 4G juga sudah. Berarti sekarang sudah bisa dong mengubah jaringan yang awalnya 3G menjadi 4G?

Sabar...

Masih ada satu sayarat lagi yang harus sobat penuhi.

Syarat apa itu?

Sudah ada jaringan 4G gak di daerah tempat tinggal sobat?

Kalau belum ada ya percuma saja. Meskipun sudah ganti HP 4G dan kartu SIM 4G, tapi jaringan 4G masih belum terjangkau di daerah tempat tinggal sobat, tetap saja sobat tidak bisa merubah jaringan 3G menjadi 4G.

Jaringan 4G memang sudah merata di kota-kota besar. Tapi saya rasa untuk desa-desa terpencil, jaringan 4G masih belum stabil. Wong di tempat tinggal saya saja jaringannya masih ngap-ngapan kok.

Maka dari itu, analisa dulu jaringan 4G di tempat tinggal sobat. Kalau sudah OK, silahkan berganti HP 4G dan kartu SIM 4G.

Baca juga:



Itulah ketiga syarat yang harus di penuhi untuk mengubah jaringan 3G/HSPA menjadi 4G. Kalau ketiga syaratnya sudah OK, sekarang tinggal melakukan setting jaringan di HP android sobat.

Setting ini difungsikan untuk mengunci jaringan agar selalu muncul 4G LTE.

Begini caranya:
Note: Saya menggunakan HP Xiaomi saat menulis tutorial ini. Settingan di HP lain bisa berbeda.
  • Masuk ke menu setting.
  • Pilih jaringan selular.
  • Lalu, pilih setelan kartu SIM.
  • Selanjutnya, pilih jaringan prioritas.
  • Dan terakhir, pilih LTE only.
Rubah jaringan 3g menjadi 4g

Setelah melakukan setting tersebut, jaringan yang ada di android sobat akan selalu muncul 4G LTE.

Tapi sebenarnya tidak perlu melakukan setting seperti itu juga tidak apa-apa. Kalau ketiga syarat sebelumnya sudah terpenuhi, jaringan akan otomatis berubah menjadi 4G LTE.

Setting seperti itu digunakan untuk mengunci jaringan 4G di daerah yang masih belum stabil jaringan 4G LTE nya.

Sudah ada jaringan 4G tapi masih belum stabil. Beda lagi kalau nggak ada jaringan 4G LTE tapi tetap ngotot dikunci di jaringan 4G, ya jaringan malah gak muncul sama sekali.

Kesimpulannya begini


Sobat tidak akan bisa merubah jaringan 3G menjadi 4G jika:

  • HP android belum mendukung 4G LTE
  • uSIM masih 3G (belum 4G)
  • Jaringan di tempat tinggal sobat belum support 4G LTE

Jika HP android sudah 4G, uSIM juga sudah 4G, dan jaringan sudah menjangkau 4G LTE, maka secara otomatis jaringan yang awalnya 3G akan menjadi 4G dengan sendirinya.

Nah, itulah cara agar bisa merubah jaringan 3G/H menjadi 4G LTE.

Kalau masih ada yang belum faham, bisa bertanya melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Kami tidak akan publikasikan komentar SPAM. Berkomentarlah dengan bijak, Jangan sia-siakan waktu anda untuk melakukan spam disini.